7 Fakta Kambing Qurban yang Unik dan Lucu


Assalamu'alaikum Para Santri~ Enggak terasa, sebentar lagi Idul Adha tiba. Saat ini suasananya pun semakin terasa.
Enggak terasa, sebentar lagi Idul Adha tiba. Saat ini suasananya pun semakin terasa. Di beberapa sudut jalan atau lahan kosong, sudah berubah menjadi tempat untuk berjualan hewan qurban, seperti kambing atau sapi. Suasana seperti ini memang hanya bisa dirasakan setahun sekali, hewan qurban seperti kambing atau sapi bisa dengan mudah kita jumpai.
Nah, bicara soal hewan qurban, ternyata mereka menyimpan fakta-fakta menakjubkan yang mungkin baru pertama kamu ketahui. Seperti beberapa fakta tentang kambing berikut ini:

Tidak Mau Makan Rumput yang Sudah Jatuh
Kambing enggan makan rumput yang sudah jatuh ke tanah.

Kambing termasuk hewan yang manja. Kalau rumput jatuh ke tanah, kambing enggan memakan rumput itu, meski rumputnya masih segar. Untuk mengatasi hal ini, biasanya para peternak kambing mengakali dengan membuat kandang model panggung dengan wadah makanan sedemikian rupa (agar rumput tidak langsung jatuh ke tanah).



  Hewan Pertama yang Diternakkan

Kambing adalah pertama yang diternakkan oleh manusia.
Kambing disebut-sebut sebagai hewan pertama yang diternakkan oleh manusia. Pendapat ini dikuatkan oleh adanya penemuan lukisan dinding gua di daerah Eropa yang usianya sudah mencapai 12.000 tahun.

 

Pemilih Makanan

Dibandingkan dengan hewan lain seperti sapi, anjing atau babi, kambing termasuk selektif dalam makanan. Ia tidak mau makan rumput yang kering dan layu, tetapi kambing sangat suka dengan rumput yang segar.

Bisa Digunakan Sebagai Alat Pembayaran

Sebelum koin atau alat penukar resmi, kambing dianggap sebagai sesuatu yang berharga sehingga digunakan sebagai alat penukar emas atau perak.

Penemu Kopi

Cikal bakal penemuan kopi ternyata seekor kambing! Konon penggembala kambing saat itu heran melihat kambingnya lincah dan energik. Setelah diselidiki ternyata kambing tersebut telah memakan buah/biji kopi. Sejak saat itu kopi mulai dibudidayakan. 

Dibawa Columbus ke Amerika

Populasi kambing menjadi merata hingga ke benua Amerika karena jasa Christophorus Columbus yang membawa kambing ke Amerika pada tahun 1943.

Memiliki Pupil Mata Unik

Bentuk pupil mata kambing adalah segi empat, yang membuatnya memiliki pandangan seluas 320 hingga 340 derajat. Bentuk segi empat ini juga bisa membuat kambing melihat dalam keadaan yang lebih baik saat malam hari. Pupil mata kambing pun bisa mengatur dan membatasi cahaya yang masuk.

Itu dia fakta-fakta menarik dari kambing yang dihimpun dari berbagai sumber.

ditulis ulang oleh Pak Rt

Post A Comment: