Makanan Khas Tangerang


Assalamu'alaikum Para SantriKetika berkunjung disuatu tempat diwaktu liburan memang cukup menyenangkan. Anda dapat berkunjung ke suatu tempat salah satunya di kota tangerang. Di kota tangerang memang ada banyak tempat untuk pariwisatawan. Selain itu, disaat akan pulang biasanya mereka akan mencari sesuatu yang dapat di bawa pulang sebagai buah tangan untuk teman maupun keluarga. Mungkin ada banyak sekali oleh oleh yang dapat dibawa pulang untuk buah tangan keluarga dan semua itu juga akan membuat Anda merasa bingung untuk menentukannya. Nah, agar tidak membuat Anda meraa bingung, berikut ini akan kami berikan beberapa jenis oleh oleh khas tangerang yang dapat Anda bawa pulang. Untuk mengetahui semua itu, Anda bisa melihat dengan jelas beberapa oleh oleh dari kota tangerang di bawah ini.

1.Dodol Ny Lauw
Dodol Ny. Lauw merupakan sebuah dodol yang memiliki rasa yang berbeda dari jenis dodol-dodol yang lain yang sering kita temukan. Dodol ini memang tidak mudah menempel dan memiliki tekstur yang empuk sehingga membuat para penikmatnya menjadi ketagihan. Dodol Ny. Lauw ini memiliki beberapa varian rasa baik mulai dari rasa original, rasa duren maupun dodol yang bertabur wijen. Mungkin bagi Anda yang kini penasaran dengan dodol ny. Lauw ini Anda bisa mendapatkannya dengan cara datang ke kota tangerang saat ini juga.
2.Bolu Tape Benteng  
Bolu tape benteng merupakan jajanan khas kota Tangerang. Kue ini memang asli diproduksi dari kota tangerang. Kue bolu benteng dibuat menggunakan bahan dasar yang berkualitas sehingga bisa mendapatkan kue yang nikmat dan enak. Bolu benteng ini dibuat dari tepung dan tape. Biasanya bolu benteng dinikmati bersamaan dengan teh hangat dan juga kopi. Jika ingin mendapatkan bolu tape benteng, Anda bisa datang ke kota Tangerang.
3.Kue Gipang
Kue gipang memang menjadi sebagian dari oleh oleh khas dari kota Tangerang. Jajanan ini memang memiliki cita rasa yang renyah, manis dan sedkit lengket karena jajanan ini terbuat dari ketan yang kemudian dicampur dengan air gula. Meski kue gipang dibuat dengan bahan yang sederhana namun cita rasanya tak kalah dengan jajanan yang lain. Kue gipang kini juga tersajikan dengan varian rasa mulai dari rasa gula merah maupun rasa pandan.



4.Ceplis 
Ceplis merupakan camilan yang dapat dijadikan sebagai oleh oleh khas Tangerang. Cpelis memang memiliki rasa yang enak dan gurih. Ceplis ini dibuat menggunakan bahan dasar melinjo khas banten. Ceplis ini memang memiliki rasa yang tidak jauh beda dengan emping, bahkan lebih gurih dan lebih enak ceplis. Camilan ini memiliki bentul bulat kecil-kecil namun gurihnya sangat terasa sekali jika dinikmati, bahkan mampu membuat penikmatnya menjadi ketagihan. Untuk mendapatkan ceplis sendiri juga tidaklah sulit, apalagi jika Anda berkunjung di kota tangerang pasti sangat mudah mendapatkan jajanan satu ini.
5.Sate Bandeng
Sate bandeng merupakan salah satu jenis panganan yang cukup populer di kota Tangerang. Makanan ini memiliki cita rasa yang begitu luar biasa dan cukup menarik bagi para pengunjung. Sate ini memiliki cara pengolahan yang berbeda dengan sate yang lain. Sate ini dibuat menggunakan bahan baku ikan bandeng yang kemudian dibumbui dengan perpaduan bumbu yang pas sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang begitu luar biasa nikmatnya. Biasanya sate bandeng khas tangerang ini dijual dengan harga sekitar Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 dalam satu bungkusnya.
6.Kue jorong
Kue jorong merupakan salah satu dari jenis kue yang khas dari kota Tangerang. Kue ini dibuat dengan cara manual sehingga memiliki cita rasa yang khas. Jajanan kue jojorong ini juga tergolong oleh oleh yang berasal dari kota tangerang yang memiliki nilai cukup tinggi. Anda bisa menjadikan kue jojorong ini sebagai jajanan untuk dibawa pulang kerumah. Kue jorong dibuat menggunakan bahan dasar tepung beras, tepung kanji dan gula merah. Panganan satu ini selain memiliki cita rasa yang nikmat juga memiliki harga yang terjangkau.
8.Bontot

Bontot merupakan salah satu camilan yang cukup populer di kota tangerang, yang lebih tepatnya di daerah banten. Makanan ini dibuat dari tepung aci yang kemudian dicampur dengan ikan maupun terasi sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang cukup nikmat. Bontot juga sangat sesuai dinikmati disaat pagi hari bersama keluarga. Untuk mendapatkan makanan ini memang bukan menjadi suatu hal yang sulit sebab makanan ini kini bisa didapatkan di tempat yang menjual bontot di kota Tangerang.


9.Cecuer
Kota tangerang juga memiliki kudapan yang cukup populer dimasyarakat. Salah satunya cecuer. Makanan ini
cukup identik dengan warna hijau ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan perasan daun suji. Cecuer ini akan terasa lebih nikmat lagi jika disajikan dengan ampas dari parutan kelapa. Tekturnya yang kenyal dan gurih pasti bisa membuat penikmatnya menjadi ketagihan.
10.Ketan Bintul
Ketan bintul merupakan salah satu dari sekian banyak kudapan yang berasal dari daerah Banten yang cukup terkenal dan juga banyak disukai semua dimasyarakat Banten. Makanan ini memang sangat sesuai dijadikan sebagai sarapan pagi. Hal ini disebabkan makanan ini banyak mengandung karbohidrat didalamnya. Makanan ini juga sangat mudah ditemukan di kota Tangerang. Selain itu harga dari kudapan ini memang cukup terjangkau sehingga banyak sekali yang menyukai makanan ini.
Demikian sekilas pembahasan tentang oleh oleh khas Tangerang yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi yang kami tuliskan diatas bisa bermanfaat bagi kalian semuanya.


ditulis ulang oleh Pak Rt
sumber tokomesintangerang.com

Post A Comment: