'Lap Yang Bikin Keringat Dingin'


Assalamu'alaikum Para SantriGus Dur dalam kenangan cerita canda & tawa

Sewaktu kuliah di kairo, rekan kuliah satu angkatan Gus Dur adalah KH Mustofa Bisri-Gus Mus.mereka tinggal satu Flat,sejenis apartemen tapi sempit.jadi semua kegiatan yg terjadi di dapur kelihatan dari ruang tamu.

Pada suatu hari mereka kedatangan tamu penting yg usia nya lebih muda alias junior mereka.tamu itu adalah KH .Abdullah Syukri Zarkasyi (waktu itu belum bergelar Kiai Haji) yg sekarang adalah pengasuh ponpes Gontor,KH.Abdullah Syukri Zarkasyi diterima dengan ramah,maklum teman satu perantauan.mereka bertiga terlibat obrolan seru.sampai kemudian Gusdur sadar belum membuat minum untuk tamunya.lalu bergegas menuju dapur,mengambil gelas dan poci berisi air minum.lalu dibawanya ke ruang tamu,ditaruh di atas meja.

Tiba-tiba KH.Mustofa Bisri berujar keras,"Gelasnya kotor.mana nih lapnya?"

Gus Dur membuka buka lemari.tanpa diduga,dia mengeluarkan celana dalam alias cawet dari lemari,dan dilemparkannya ke arah KH.Musthofa Bisri.dengan dingin dan tanpa ekpresi,KH.Mustofa Bisri mengelap gelas dengan cawet tersebut.lalu menuangkan minuman dan mempersilahkan KH.Abdullah Syukri Zarkasyi minum.

Tentu KH.Abdullah Syukri Zarkasyi gelagapan dan kaget setengah mati.Dia tidak menyangka harus minum memakai gelas yg di lap oleh cawet.mau ditolak takut dikira tidak sopan,tapi klw diminum kok alangkah menjijikkan.dengan keringat dingin bercucuran.terpaksa diminumnya juga,meski perasaan berkecamuk. Kemudian,mereka bertiga melanjutkan acara ngobrolnya kembali.cuma KH.Abdullah Syukri Zarkasyi masih terlihat grogi.karena tidak tega melihat juniornya itu gelisah.Gus Dur mencoba menetralkan suasana.

" Tadi itu sebenarnya bukan bermaksud untuk menggojlokmu,tapi malah untuk menghormatimu.karena cawet itu adalah kain terbersih yang ada dirumah ini.sebenarnya cawet itu gres dari toko,belum sempat aku pakai.jadi belum disebut cawet.Hahaha.."

Maka meledaklah tawa ketiga sahabat itu.

ditulis oleh Pak Rt
sumber Medi Setiawan

Post A Comment: